. rehatcorner: Skype-an Yuuuk...!


Skype-an Yuuuk...!


Saya termasuk salah satu dari sekian banyak pengguna aplikasi chatting Skype ini. Sejak tahun 2009, yaitu sejak saya dan zauji menikah dan setelah pernikahan itu harus berpisah dulu (akhir September 2009) selama lebih 9 bulan, sebab zauji kala itu harus menyelesaikan tugas belajarnya di negeri seberang. Dan Skype menjadi penghubung setia dari Long Distance Love (LDL) tsb. Alhamdulillah...komunikasi yang tak hanya lewat ketikan jari-jemari di keyboard juga bisa saling mendengar dan melihat wajah sang kekasih nun jauh di sana, yah...meski tak jarang harus mengurut dada (baca : bersabar) sebab terkendala koneksi internet yg kurang bagus di tempat tinggal saya (BTP, Makassar).
Untuk lebih jelasnya, saya telah mengutipkan beberapa penjelasan ttg Skype melalui beberapa sumber, silahkan disimak...
Skype itu apa sih ?
Skype itu adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Penggunadapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon konvensional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara.
Skype bisa dijalankan pada komputer (Windows, Linux, Mac OS X), smartphone (Windows Mobile, beberapa jenis Nokia, iPhone, PSP-2000) dan juga beberapa gadget khusus (Skype desktop phone, Skype wifi phone, 3 Skypephone).
Sampai saat ini, Skype telah mengalami pertumbuhan pesat baik dari penggunaannya yang populer maupun pengembangan perangkat lunaknya, jasa yang ditawarkan pun menjadi beragam mulai dari penggunaan gratis maupun berbayar. Sejak diluncurkan untuk pertama kali pada tahun 2003, diperkirakan pengguna Skype telah mencapai angka 300 juta pengguna.
Skype memang fenomenal. Pekan lalu penyedia layanan telepon Internet ini membebaskan pengguna SkypeOut di Amerika Serikat dan Kanada menelepon gratis ke telepon rumah dan telepon seluler. Sebelumnya, biaya telepon gratis hanya dikenakan untuk percakapan antarpengguna Skype. Upaya promosi Skype ini disambut positif. Mudah-mudahan Skype Group juga akan membebaskan pengguna SkypeOut di Indonesia.
Kelebihan dan kekurangan Skype :
Kelebihan :
  • Tampilan pada Skype lebih menarik dan interaktif dari pada Yahoo Messenger (YM).
  • Skype dapat secara otomatis menyimpan hasil chatting kita sehingga kita bisa menutup jendela Skype tanpa melakukan proses penyimpanan. Pada YM hal ini tidak bisa dilakukan karena setiap kita menutup jendela YM pasti hasil chatting kita akan terhapus juga. Pada Skype semua hasil chattingan, sampai 30 hari yang lalu sekalipun dapat dilihat dengan mudah. Bahkan sejak awal anda pernah chat dengan orang tersebut bisa ditrack hasil percakapan yang pernah dilakukan. Siapa tahu anda membutuhkan sebuah alamat website atau nomer HP atau apapun yang pernah disampaikan selama chat beberapa hari atau bahkan minggu yang lalu. Dengan Skype anda dapat lansung mencarinya pada fasilitas show message from.
  • Di Skype juga enak untuk mencari teman, karena terdapat fasilitas find.
  • Kualitas suara yang dihasilkan Skype pada saat menelfon lebih bagus dibandingkan yahoo messenger. Berbicara dengan Skype antar komputer/laptop hasilnya sangat jelas. Kualitas suaranya hampir sama dengan menggunakan telepon. Bedanya kalau telepon tidak didepan komputer, sedangkan dengan Skype bisa lansung melihat apa yang sedang dibicarakan, atau ditanyakan karena sama-sama berada di depan komputer.
  • Proses pengiriman file pada Skype juga lebih mudah.
Kekurangan :
Tentunya jika ada kelebihan pasti ada kekurangannya juga sayangnya kapasitas Skype cukup besar. Skype memakan 23MB kapasitas hardisk ketika dipasang, dibandingkan dengan YM yang memakan kapasitas lebih kecil sekitar 10- 15 MB.
Cara Meng-install Skype :
1. Karena Skype disediakan gratis, kita dapat langsung mendownloadnya di sini
2. Kemudian install dan ikuti semua proses sampai Skype terinstall di laptop/komputer kita.
3. Setelah semua proses instalasi berjalan dengan baik, Alhamdulillah kini kita sudah bisa menjalin kontak dengan cara memasukkan lawan bicara ke dalam daftar "Skype Contact". Caranya mudah sekali, klik saja button "New" (pada bagian kiri layar Skype ) dan pilih "New Contact". Skype akan menampilkan layar "Add a contact"; silahkan isi Skype username dari teman kita, maka Skype akan menampilkan daftar orang yang sesuai dengan Skype username tersebut. Lalu klik pada nama teman kita tsb, kemudian klik "Add contact", maka Skype akan meminta kita untuk mengisikan pesan kepada teman kita untuk memberitahukannya bahwa yang mencoba menghubunginya itu adalah kita. Lanjutkan dengan klik "Send".
  1. Sebagai tambahan, sehubungan dengan kondisi internet di Indonesia yang kualitasnya kurang menentu, sangat disarankan utk menggunakan earphone yang dilengkapi dengan mic, sehingga lawan bicara dapat mendengar dengan jelas.
    Saya sendiri pernah mengalami hal demikian, ketika chatting dgn akhwatfillah dari Makassar beberapa waktu yg lalu. Itupun mereka harus berupaya memposisikan laptop agar sinyal modem yg digunakan bisa lebih kuat.
Itulah sedikit penjelasan ttg Skype semoga bermanfaat dan terakhir...add me yaaahh, username : dewisyifaa.

Saat pekat malam memeluk langit Kota Madinah, Jumadil Awal 1432H.
Sumber : KLIKMJustecha blog dan Kerjakeras dgn sedikit editan dari saia....

0 comments:

Post a Comment