. rehatcorner: Cara Mengubah Template Pada Blogspot


Cara Mengubah Template Pada Blogspot

Alhamdulillah..akhirnya bisa 'cuap-cuap' lagi dipojok sini. 
Sebenarnya sudah lama ingin mengulas tuntas (hhmm...bahasanya ketinggian..hehehe) tentang bagaimana cara mengganti template blog di blogspot ini (kalo ga salah ingat sejak bulan lalu) cuma mungkin karena kemarin-kemarin kurang mood aja sepertinya jadi baru hari ini sempatnya.


Alaa kulli hal...mari kita lanjutin pembahasannya...yukk!!

Tutorial blog kali ini, insyaAllah akan membahas bagaimana caranya mengganti template blogspot dasar kita dengan template yang kita download dari penyedia template.
Caranya mudah dan gpl alias ga pake lama...hehehe...
Check this out, temans!!



Langkah-langkah Mengganti Template dari Penyedia Template
1. Sudah ada desain template yang mau dijadikan pengganti belum? Kalo belum, silakeun pilih-pilih dulu di sini yah >>> http://syifaarehatconer.blogspot.com/2011/08/aneka-template-blogspot.html <<< banyak macamnya dan gratisss!

2. Kalo sudah dapat salah satu (lebih dari satu juga boleh, sekalian buat koleksi, siapatau nanti pengen ganti template lagi) yang memikat hati, silahkan didownload.

3. Nah...kalo sudah didownload, file template tsb otomatis akan berada di "folder download" yang ada di PC atau lappy teman. Cari nama file tsb, kemudian ekstrak terlebih dahulu jika foldernya masih mentah atau masih dalam bentuk : rar file atau winrar zip archive. Tapi kalo filenya sudah matang atau siap pakai (jenis html dan xml document), 
maka ga perlu diekstrak.

4. Kemudian, silakeun login dulu ke akun blog teman.

5. Klik "design/tata letak" 

6. Setelah berada di "page elements/elemen halaman" agar "gadget/widget" yang sudah teman tambahkan sebelumnya ga hilang (soalnya ga semua template memiliki pendukung yang sama, jadi ada kemungkinan bisa hilang bisa juga ga), maka baiknya disave dulu link-link "gadget/widget"nya di "notepad" (klik menu "start" di PC/lappy teman kemudian pilih "accessories" kemudian pilih "notepad") biar mudah nyarinya dan mudah untuk ditambahkan kembali ke desain template yang baru. Atau kalo teman sudi merelakan beberapa atau seluruh "gadget/widget" yang sudah teman tambahkan, maka tidak mengapa tidak disave, suka-suka teman saja.

6. Setelah itu klik "edit HTML" yang berada di sebelah menu "page elements/elemen halaman". Setelah masuk ke halaman "edit HTML", sebelum teman mengganti template yang baru, jangan lupa download dulu file template yang lama buat jaga-jaga aja siapatau up load template barunya ga sukses atau supaya ga susah kalo besok-besok pengen balik ke template yang lama. Caranya klik "download full template/download template lengkap" (tulisan berwarna biru) setelah tulisan "backup/restore template"

7. Kemudian klik "browse/pilih berkas" untuk memilih/mencari template yang sudah teman download sebelumnya. Setelah dipilih klik "up load/unggah".

8. Setelah ter-up load, sebelum disave, baiknya teman lihat dulu desain blog teman yang baru dengan cara meng-klik tombol "preview/pratinjau", jika sudah cocok, maka silakeun klik tombol "save template/simpan template".

Nah...Alhamdulillah...template blog teman sudah terganti sesuai dengan keinginan teman.
Mudah, kan?? Yukk..dicoba..~senyum~

Sampai jumpa ditutorial sederhana berikutnya.
Keep spreading kindness through writing!
Ma'assalamah...


ps : afwan...tutorialnya belum dilengkapi dengan gambar (biar ga ngayal yah..), insyaAllah semoga ada kesempatan untuk melengkapinya dengan gambar. semangat!!

0 comments:

Post a Comment